Kuliah Ahli : Vasopresor dan Inotropik, Kapan Harus Dimulai?

Vasopresor dan Inotropik, Kapan Harus Dimulai?

Dalam rangka menambah pengetahuan dan kemampuan para PPDS Penyakit Dalam, PPDS Interna Solo menyelenggarakan kegiatan kuliah ahli bersama dr. Arifin, Sp.PD-KIC, FINASIM dengan judul “Vasopressor and Inotropes, When to Start” pada tanggal 13 Februari 2020 yang bertempat di Ruang Diskusi KSM Penyakit Dalam gedung Anggrek IV RSUD dr. Moewardi.
Kegiatan kuliah ini menjelaskan mengenai penggunaan obat-obatan vasopresor dan inotropik dalam kegiatan praktik sehari-hari, mulai dari penjelasan mengenai fungsi dan kegunaan dari vasopresor dan inotropik, efek yang ditimbulkan dari penggunaan obat-obat tersebut, hingga pada keadaan apa saja harus memberikan vasopresor dan inotropik kepada pasien. Residen penyakit dalam sangat antusias dalam mengikuti kuliah ini dan aktif dalam memberikan pertanyaan mengenai keadaan-keadaan yang biasa dihadapi dalam praktik sehari-hari.
Kuliah ahli ini diikuti oleh residen penyakit dalam, residen jantung dan pembuluh darah, serta dokter muda. Kuliah ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi residen ketika berada di RSUD dr. Moewardi atau ketika sudah berpraktik sebagai spesialis penyakit dalam di masa depan.

Vasopresor dan Inotropik, Kapan Harus Dimulai?
Sebelumnya