RSDM dan WDD (World Diabetes Day)

Hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day) pertama kali dirayakan  pada tahun 1991 oleh IDF (International Diabetes Federation) dan Organisasi Kesehatan Dunia dalam menanggapi kekhawatiran tentang meningkatnya ancaman kesehatan yang ditimbulkan oleh diabetes. Dengan  penyelenggaraan World Diabetes Day ini sekaligus membuktikan penyakit Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit yang mengkhawatirkan, tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia.


Oleh karena itu, Perkeni solo dan Persadia di tahun 2019 ini melaksanakan kegiatan World Diabetes Days sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap kesehatan masyarakat terutama dalam masalah DM. Diabetes mellitus (DM) adalah penyakit gangguan metabolik pada pankreas yang tidak mampu memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin, dr.Eva Niamuzilawati., Sp.PD., M.Kes. Selaku ketua acara dalam world diabetes days mengaku sangat mengapreasinya acara tersebut, karena Acara tersebut dihardiri 1700 peserta dari berbagai daerah di surakarta, para peserata sangat antusias untuk mengahadiri acara ini, dalam acara ini juga trus dilakukan pembubuhan komitmen dan penggalangan dana yang dilakukan kepada pasien diabetes yang diwakili oleh dr. Supriyanto Kartodarsono Sp.PD., K-EMD., FINASIM, sesuai dengan Moto acara I Give My Hand 4 Diabetes.


Acara World Diabetes Day 2018 dimulai dengan jalan Santai dari Rumah Sakit Moewardi menuju Balaikota. Para peserta yang terdiri dari pasien yang tergabung dalam kelompok pasien diabetes yang ada diwilayah Surakarta, para peserta tampak semangat dalam mengikuti jalan santai, tidak tampak raut wajah kelelahaan dari wajah para peserta.

Acara selajutnya dilanjutkan dengan senam sehat yang dilakukan oleh seluruh peserta didepan halaman balai kota, acara sanagat meriah, tampak terlihat dari semangat peserta dalam mengikuti gerakan gerakan senam. Dalam acara ini juga dilakukan pemeriksaan rutin terhadap para peserta sepeti pengukuran Berat Badan, Tinggi Badan, Tekanan Darah, Pemeriksaan gula bagi peserta serta tidak lupa konsultasi Gizi dan konsultasi Dokter yang dilakukan oleh Mahasiswa Gizi, mahasiswa Pendidikan Dokter dan Mahassiswa Pendidikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam UNS.

Sebagai penutup kegiatan World Diabetes Day 2019,  dilakukan Pemberian Doorprize bagi peserta yang beruntung dalam acara ini berupa hadiah Utama 4 buah sepeda.
Kita berharap dengan projek ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan kepada masyarakat dan sebagai wujud nyata kepedulian generasi muda kepada perkembangan kesehatan Indonesia yang lebih baik.

Sebelumnya