The 6Th Indonesian Sepsis Forum – Hari Pertama

Sepsis merupakan suatu keadaan disfungsi organ yang mengancam jiwa yang disebabkan karena disregulasi respon tubuh terhadap infeksi. Semakin meningkatnya angka kejadian dan kesulitan dalam penangan sepsis yang dapat meyebabkan angka kematian akibat sepsis semakin tinggi.

Atas dasar tersebut Divisi Tropik Infeksi Ilmu Penyakit dalam RS Moewardi menyelenggarakan acara rutin tahunan yaitu Indonesian Sepsis Forum yang ke-6 dengan Tema ”The New Paradigm Sepsis Management” yang bertempat di Sunan Hotel Solo pada tanggal 23 Agustus 2019 – 25 Agustus 2019 yang terdiri dari acara Workshop dan Symposium, dalam momen Indonesian Sepsis Forum ini dibahas tentang update terbaru mengenai Sepsis

Pada hari ini, Jum’at 23 Agustus 2019 diadakan beberapa materi workshop yang diadakan mulai pukul 08.00-17.00 WIB dengan 6 topik antara lain:

  1. Sepsis in Adult
  2. Sepsis in Pediatric
  3. Fluid therapy
  4. Management of Antimicrobial
  5. Therapeutic Nutrition In Critical Case
  6. Haemodynamic Monitoring
In Frame dr. Arifin, Sp.PD, KIC pada WS Sepsis In Adult

Acara dihadiri sekitar 200 orang dokter, termasuk dokter umum, Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Anak, Spesialis Anastesi, Spesialis Bedah, dan Spesialis Paru. Diantara pembicara tersebut juga hadir pembicara-pembicara yang sudah tidak asing namanya seperti :

Foto Bersama Pembiaca dan Peserta Pada WS Therapeutic Nutrition In Critical Care
  • Prof. Dr. dr. Djoko Widodo DTM&H, Sp.PD, KPTI, FINASIM
  • Prof. Dr. dr. Suhendro, Sp.PD, KPTI, FINASIM
  • Prof. Dr. dr. Herdiman T.Pohan Sp.PD, KPTI, FINASIM
  • Prof. Dr. dr. Soeharyo Hadisaputro, Sp.PD, KPTI, FINASIM
  • Prof.Dr. dr. HM.Bambang Purwanto, Sp.PD, KGH, FINASIM
Demonstrasi USG Abdomen

dan masih banyak lagi pembicara yang lain. Beberapa pembicara mendiskusikan penanganan kondisi dan seberapa serius ancaman dari sepsis, sehingga acara ini sangatlah dinantikan, ditandai dengan peserta yang tampak antusias bertanya mengenai materi-materi yang telah disajikan, serta mereka mengaku senang dengan acara seperti ini.

Sebelumnya