KONKER PERGEMI PIT REUMATOLOGI JOGLOSEMAR 4th T-REG di Solo 16 November 2019

Indonesia memasuki negara aging society atau berpenduduk tua. Artinya, jumlah penduduk lanjut usia atau lansia mencapai lebih dari tujuh persen dari total jumlah penduduk. Fakta ini membuat lansia di Indonesia menghadapi sejumlah tantangandalam menjalankan kehidupan.

Berdasarkan data dari Bappenas dan BPS, pada 2015 jumlah lansia atau orang yang berusia di atas 60 tahun tercatat sebanyak 8,5 persen. Pada 2020, jumlah lansia diprediksi bertambah menjadi 10 persen.

“Orang lansia bertambah banyak dan juga bertambah tua. Ini akan meningkat terus,oleh kkarena itu tantangan kedepannya akan semakin berat” kata Ketua Persatuan Gerontologi Medik Indonesia (Pergemi), Prof. DR. dr Siti Setiati, Sp.PD,. K.Ger., M.Epid., FINASIM dalam acara KONKER PERGEMI PIT REUMATOLOGI JOGLOSEMAR 4th T-REG di Solo 16 November 2019.
Untuk itu hadirlah acara Siposium ini dengan bertemakan integrated care of geriatric and reumatology cases for preparing universal health coverage 2019 yang bertempat di Hotel Sunan Surakarta. Acara juga dihadiri 200an peserta dari berbagai daerah dari sabang sampai merauke,dan didominasi oleh peserta di wilayah Jawa.

Menurut ketua acara, dr. Fatichati Budiningsih Sp.PD., K.Ger., FINASIM acara ini hadir untuk menjawab tantangan dimana lansia di Indonesia semakin banyak, butuh penanganan khusus dalam menangani lansia lansia di Indonesia memiliki sejumlah tantangan karena karakteristik yang berbeda dengan orang muda. 

Orang yang berusia muda memiliki karakteristik mandiri, dapat melakukan aktivitas sehari-hari, memiliki kognisi dan fungsional yang baik, dan tidak memiliki penyakit atau hanya satu penyakit saja.

Berbeda dengan lansia yang sudah lagi tak mandiri atau bergantung dengan orang lain, tidak bisa melakukan aktivitas sendiri, membutuhkan pengasuh, kognisi dan fungsional yang menurun, masalah psikososial yang kompleks, dan memiliki multipel penyakit.
Dalam Acara ini juga turut hadir kelompok Geriatri dari Rumah Sakit Moewardi yang juga tampil menghibur para peserta yang hadir dalam acara simposium ini.Para lansia yang tergabung dalam kelompok ”Kembang Setaman” turut menampilkan persembahan berupa tarian , nyanyian, puisi, serta kemampuan dalam memainkan angklung. Acara berjalan dengan lancar dan berlangsung dengan baik

Previous
Next